Pages

Minggu, 09 Mei 2010

3 Teleskop Disiapkan untuk Pantau Gerhana Matahari
Moksa Hutasoit - detikNews

Jakarta - Gerhana Matahari diprediksi akan terjadi di Indonesia sore ini sekitar pukul 14.39. Bagi Anda yang ingin menyaksikan fenomena alam ini, silahkan datang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK)-TMII telah mempersiapkan 3 teleskop yakni CPC 800, Firscope 114", dan Solarmax Coronado bagi masyarakat yang ingin melihat gerhana matahari. Sebelum pengamatan, peserta juga akan dibekali dengan materi tentang Astronomi, Matahari, dan Gerhana Matahari.

Proses gerhana yang diawali dengan masuknya bayang-bayang Bulan di permukaan Bumi akan dimulai pukul 14.39 WIB. "Puncaknya diperkiraan akan terjadi pada pukul 15.55 WIB," ujar Kepala Humas PP Iptek Putu Lia Suryaningsih kepada detikcom, Kamis (14/1/2010).

Gerhana matahari kali ini dapat dikategorikan fenomena alam yang tak biasa. Dengan durasi maksimum yang bisa mencapai 11 menit 8 detik, gerhana ini merupakan akan menjadi yang terlama dalam kurun waktu 2001-3000.

"Gerhana matahari dengan durasi lebih dari 11 menit baru akan terjadi lagi pada 1033 tahun kemudian yaitu pada tahun 3043," tandasnya. Di Indonesia gerhana bisa diamati di wilayah Sumatera, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi. (mok/mpr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar